Kamis, 02 April 2009

MENGENAL BIOS

MENGENAL BIOS
BIOS (Basic Input Output System)
Sesuaikan ukuran huruf:
BIOS, kepanjangan dari Basic Input Output system. BIOS merupakan bagian dari kode perusahaan komputer yang akan dijalankan waktu pertama kali PC menyala, atau yang disebut dengan boot loader. Fungsi primer dari BIOS adalah untuk mengidentifikasi dan menginisialisasi komponen hardware sistem computer, seperti kartu grafis, harddisk, dan floppy disk, juga beberapa hardware lainnya.

BIOS berguna untuk menyiapkan mesin computer ke dalam status kapabilitas computer yang normal, sehingga software lain yang disimpan di berbagai media, dapat ditampilkan, dijalankan dan dapat dikontrol oleh PC. Proses ini dinamakan booting atau booting up, atau yang sering dikenal dengan nama bootstrapping.

Khusus untuk BIOS di PC yang sekelas IBM, maka BIOS dapat dikatakan sebuah kode program yang ada di chip yang akan mendeteksi dan mengontrol berbagai alat yang ada di PC x86. Selain itu, BIOS juga akan menyediakan kontrol untuk beberapa peripheral computer, seperti keyboard, fungsi display 800x600 piksel dan sebagainya. Sementara untuk Windows ME atau Windows 2000 atau di atasnya, fungsi display monitor akan dikontrol langsung oleh tabel terpisah dan menjadi pengganti fungsi monitor, lebih cepat dan lebih bisa diandalkan. Berbgai fungsi BIOS disimpan di ROM yang ada di kontrol Windows versi awal, dan kemudian sekarang BIOS hadir dengan Cmd.exe ataupun booting mesin ke verssi DOS.
ada pin yang belum pas terhubung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar